Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air Secara Aman

Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air Secara Aman
Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air Secara Aman
Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air Secara Aman

Saat berenang atau mandi, tidak jarang telinga kita kemasukan air. Kondisi ini sering menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit di telinga. Tidak sedikit orang khawatir bahwa telinga yang memiliki air dapat menyebabkan gangguan pendengaran, juga dikenal sebagai tuli. Masuknya air dari telinga dapat menyebabkan ketulian ketika air yang terperangkap menyebabkan infeksi di telinga luar, yang dalam bahasa medis disebut otitis eksterna. Infeksi khusus pada telinga luar ini yang disebabkan oleh masuknya air ke dalam telinga memiliki sebutan khusus, yaitu telinga perenang.

Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air Secara Aman

Agar masalah kemasukan air ke dalam telinga tidak menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, Anda harus mencoba untuk segera menghilangkan air yang masuk ke dalam telinga. Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk mengeluarkan air dari telinga.

1. Kocok Cuping Telinga

Pertama-tama cobalah menggelengkan kepala agar air keluar. Miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang memiliki air. Jika itu tidak berhasil, kocok cuping telinga yang terendam air, bahkan pada posisi kepala yang condong, sehingga bagian luar telinga menghadap ke bahu.

2. Gerakkan Rahang dan Mulut

Saluran sempit yang menghubungkan rongga telinga dengan bagian belakang lubang hidung bisa tersumbat dan membengkak, sehingga sulit bagi air untuk keluar. Peregangan mulut dan rahang, seperti mengunyah dan menguap, terkadang dapat membantu meringankan saluran yang tersumbat ini. Cobalah untuk menggerakkan rahang dan mulut Anda sampai telinga Anda merasa bebas lagi.

3. Hisap Air Dengan Telapak Tangan

Untuk menghilangkan air, miringkan kepala ke sisi telinga yang bermasalah. Kemudian gunakan telapak tangan untuk menutupi telinga dengan air, seolah-olah kepala Anda bersandar pada telapak tangan. Usapkan telapak tangan ke telinga Anda dengan gerakan yang berfluktuasi sehingga permukaannya terasa lebih rata. Tekan telinga Anda dengan kuat dan lepaskan dengan cepat sampai Anda merasakan sensasi hisap di telinga. Air yang terperangkap di telinga harus dihisap.

4. Jatuhkan Dengan Air

Siapkan air hangat (bukan air panas) dan letakkan di atas telinga dengan air sambil memiringkan kepala sehingga telinga dengan air menghadap ke atas. Biarkan selama sekitar tiga detik dan miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan. Tunggu beberapa saat dengan posisi telinga dengan air ke arah bahu sampai air keluar.

5. Gunakan pengering rambut

Sesuaikan pengering rambut Anda dengan kecepatan dan suhu udara terendah. Biarkan jarak sekitar 30 sentimeter dan keringkan dengan gerakan yang mendekat dan menjauh dari telinga yang menerima air. Anda dapat mencoba metode ini sambil mengocok cuping telinga. Udara panas yang masuk ke telinga akan membantu air menguap lebih cepat.

6. Kompres dengan Air Panas

Basahi kain lembut dengan air panas (tidak perlu mendidih) dan tiriskan sampai air tidak menetes dari kain kompres. Miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang memiliki masalah dan kemudian oleskan kompres ke bagian luar telinga. Biarkan selama 30 detik dan lepaskan. Tunggu sebentar sebelum mengompres lagi. Ulangi empat hingga lima kali. Jika air tidak keluar dari telinga setelah kompres hangat, itu bisa mempercepat proses pada waktu tidur.

7. Gunakan Cuka dan Alkohol

Untuk memecah gumpalan kotoran telinga (ear wax) yang bisa menjebak air di telinga, Anda bisa mencampur tetes telinga di rumah. Campurkan cuka dan alkohol dalam dosis seimbang, kira-kira dalam rasio 1: 1. Tempatkan tiga atau empat tetes di telinga dengan air. Lalu, pijat ringan bagian luar telinga Anda. Jika sulit untuk mengambil air dari telinga karena penyumbatan pada kotoran telinga, cuka akan membantu memecah benjolan yang membandel ini. Sementara itu, alkohol dapat mempercepat proses penguapan air yang terperangkap di telinga. Jangan gunakan metode ini jika Anda memiliki infeksi telinga eksternal, gendang telinga berongga.

8. Biarkan Semalam

Sebagian besar kasus di mana telinga memasuki air akan sembuh dengan sendirinya. Lalu, ketika Anda ingin tidur di malam hari, miringkan tubuh Anda ke sisi telinga yang bermasalah. Biasanya, saat tidur, air akan mengalir sendiri dan membasahi bantal di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *